MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 10 November 2015

Google Masuk ke Pengembangan Kota

Foto: Sidewalk Labs


Perusahaan raksasa dari Silicon Valley, Google, mulai masuk ke bisnis pengembangan kota.  Bertujuan untuk meningkatkan kehidupan kota bagi penduduknya, pemerintah dan bidang usahanya lewat teknologi baru dan inovasi, Sidewalk Labs adalah nama perusahaan baru bentukan Google.  Larry Page, pimpinan eksekutif Google Inc. menyebut Sidewalk sebagai investasi relatif paling modern dan yang berbeda dengan bisnis inti Google sebelumnya.  

Seperti diberitakan dari laman resmi Sidewalk Labs, teknologi baru yang mereka akan ditawarkan bakal menyumbangkan solusi terhadap sejumlah tantangan terbesar kota saat ini, yakni pengembangan sistem transportasi yang efisien, mengurangi penggunaan energi, pengurangan ongkos hidup di kota, dan membantu kerja pemerintah menjadi efisien.  Teknologi tersebut, menurut Daniel L. Doctoroff, yang memimpin Sidewalk Labs ini, sudah direncanakan dibangun oleh mereka sendiri.

Tidak diketahui berapa besar investasi yang ditanamkan pada bisnis baru ini.  Baik Doctoroff, mantan Pembantu Wali Kota New York City khusus bagian pengembangan ekonomi, maupun Google sendiri tidak menyebutkan tentang besar investasinya pada perusahaan yang mereka klaim sebagai 'perusahaan inovasi kota',  (Sumber: Steve Lohr, the New York Times / Sidewalk Labs).

(Thoha Pacong)