MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 25 Januari 2016

Australia Jadikan Lorong Makassar Pusat Perayaan Hari Jadi Nasional



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Ada yang berbeda dari peranyaan hari jadi nasional Australia di Makassar kali ini. Pasalnya, pemerintah Australia menjadikan Lorong Makassar sebagai pusat perayaan hari jadi nasional negara mereka.

Menurut Kepala Bidang Politik dan Humas Kedubes Australia, Bradley Amstrong dalam kunjungannya ke Balaikota, Senin (25/1), perayaan hari jadi nasional Australia menjadi momentum yang tepat karena pada Maret 2016 nanti Konsulat Jenderal (Konjen) Australia akan terbentu dan hadir di kota Makassar.

Di samping itu, menurut Bradley hubungan historis yang panjang antara Makassar dan Australia juga menjadi alasan terpilihnya Makassar sebagai kota tempat perayaan hari jadi nasional negara mereka. “Latar belakang ini juga menjadi alasan kenapa Makassar terpilih. Ditambah lagi karena kota ini tengah mengembangkan berbagai program pembangunan yang unik dan langsung menyentuh masyarakat melalui pembenahan lorong”, ujarnya.

Lorong yang terletak dijalan Langgau terpilih sebagai pusat perayaan yang akan digelar, Selasa besok (26/1) dengan kegiatan seperti makan siang bersama secara informal dengan berbagai unsur masyarakat serta para alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Australia.

Kepercayaan kedutaan Australia kepada Pemkot Makassar dan warga Makassar sangat di sambut gembira oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto. Dalam pertemuan ini wali kota menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah dari perayaan itu. Bahkan wali kota memilih lorong di Langgau sebagai pusat perayaan karena lorong ini belum tersentuh Pemkot Makassar namun telah berbenah berkat partisipasi warganya sendiri.

“Kita mau memperlihatkan bahwa partisipasi publik yang nyata dalam pembenahan lorong. Di Langgau belum terlalu tersentuh, maka itu yang kami pilih”, ujar Danny.


Pada akhir tahun 2015 lalu, Duta Besar Australia dalam kesempatan kunjungannya ke Makassar telah menegaskan rencana pembukaan Konjen Australia di Makassar. Keberadaan konsulat ini akan memperluas peluang kerja sama diberbagai bidang, khususnya dibidang pendidikan, sosial dan ekonomi. * (Iskandar Burhan)