MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 10 Februari 2016

"DAAD-Fraunhofer Technopreneur Award 2016" Bagi Peneliti Muda Indonesia



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Peneliti Muda Indonesia ditawarkan "DAAD-Fraunhofer Technopreneur Award 2016".  Deadline untuk lamaran ini adalah 15 April 2016.

'Award' ini dimaksudkan memperkuat kolaborasi antara peneliti Indonesia-Jerman dalam bidang penelitian terapan dan komersialisasi penelitian, yang memberikan manfaat di kedua belah pihak. Yakni kekuatan institusi penelitian di Jerman akan dilengkapi oleh keahlian-keahlian khusus dari peneliti tamu dari Indonesia serta koneksi penelitian di Indonesia.

Tema 'award' ini adalah polymer bersumber dari alam ('natural sourced polymer'). Subjeknya adalah modifikasi kimiawi dari beberapa 'biomaterial' lokal di Indonesia, seperti CPO, minyak bekas, gula aren (palm sugar), dan beberapa lainnya. Tema material terbarukan sebagai pengganti minyak mentah merupakan topik prioritas dari 'Hi-Tech Strategy 2020' Pemerintah Federal Jerman. Indonesia memiliki bahan baku terbarukan dalam jumlah besar.

Peneliti yang terpilih akan mendapatkan sejumlah 3,000 Euro dan beasiswa selama tiga bulan (2,000 Euro/bulan) untuk melakukan penelitian pada satu diantara 67 institut dari Fraunhofer Institutes di Jerman. Sebagai tambahan, 'award' akan memberikan tunjangan perjalanan.

Pelamar haruslah warganegara Indonesia, peneliti/ilmuwan bergelar PhD (S3), di bidang Kimia atau Teknik Kimia. Kriteria lainnya, pelamar punya motivasi membuat penelitian menjadi barang atau jasa yang dapat dipasarkan, aktif dalam jejaring sains dan industri di Indonesia, yang siap bekerjasama dengan Fraunhofer, serta institusi akademis atau perusahaan di Jerman dalam hal pengembangan barang/jasa yang dapat dipasarkan, punya keyakinan kuat penelitiannya memiliki potensi pasar, dan fasih berbahasa Inggris (lisan dan tulisan).

DAAD adalah organisasi bersama dari institusi perguruan tinggi di Jerman, bertujuan mempromosikan kerjasama akademis internasional lewat pertukaran pelajar, akademisi, peneliti.  Setiap tahun, DAAD mendukung sekitar 100,000 pelajar dan peneliti, baik dari Jerman dan internasional. Sementara Fraunhofer Institute adalah organisasi penelitian berorientasi-terapan dari Jerman, yang terbesar di Eropa.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Ms. Lidya Natalie, DAAD Jakarta Branch Office, di nomor telepon 021-520 0870 atau 021-525 2807, atau via email.** (Thoha Pacong)