MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 12 April 2016

Manfaat Nyata dari Hasil Bank Sampah di Kecamatan Tallo

Kegiatan Bank Sampah Sektoral di Kantor Kecamatan Tallo, Makassar, Senin (11/04/2016).
Foto: Iskandar Burhan, 2016, SmartCity Magazine & Online News and Information 

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kehadiran Bank Sampah di Kecamatan Tallo telah memberikan manfaat nyata bagi nasabahnya. Udin, supir pengankut sampah roda tiga yang bertugas di Kelurahan Wala-Walaya misalnya. Setelah menjadi nasabah, ia dapat mengurangi sampah yang diangkutnya sehari-hari. Sebagian sampahnya, setelah dipilah, disetor ke Bank Sampah Sektoral Tallo. Hasilnya, digunakan membeli perlengkapan sekolah anaknya.

Selain Udin, menurut Camat Tallo, A. Zainal Abidin Takko, nasabah lain juga berasal dari seluruh petugas kebersihan dan Satgas Emergency Kecamatan Tallo. Mereka menjadi nasabah Bank Sampah Sektoral Tallo.

"Ini sangat membantu petugas kebersihan dan Satgas Emergency untuk mendapatkan nilai tambah dari hasil pemilahan sampah untuk disetor ke Bank Sampah menjadi uang, tukar besar, dan lain-lain," jelas Zainal Abidin, di Kantor Camat Tallo, Senin (11/04/2016).

Menurut Direktur Bank Sampah Sektoral, Iqbal, ada 40 Bank Sampah Unit aktif yang rutin menjual ke Bank Sampah Sektoral. Setiap penjualan langsung dimasukkan ke buku tabungan milik nasabah dari Bank Sampah Unit. Misalnya, di hari itu, Senin (11/04/2016), menurut Iqbal, Bank Sampah Sektoral telah menjual ke Bank Sampah Pusat masing-masing kardus (683 Kg), plastik (65 Kg), kaleng (23 Kg). Penjualan ke Bank Sampah Pusat dilakukan 3-4 kali sebulan, tambah Iqbal.* (Iskandar Burhan)