MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 06 April 2016

Warga Kodingareng Sudah Bisa Nikmati WIFI Gratis


smartcitymakassar.com –Makassar- Warga pulau Kodingareng, Kelurahan Kodingareng, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar mendapat fasilitas WIFI gratis dari Pemerintah Kota Makassar. Melalui Program Makassar Sombere & Smart City, Dinas Kominfo Kota Makassar menyediakan fasilitas internet gratis untuk seluruh warga pulau kodingareng sejak awal tahun ini.

“Alhamdulillah, sekarang warga pulau Kodingareng sudah bisa ber internet gratis. Kita memang berharap saudara - saudara kita yang tinggal di pulau dapat mengakses informasi sama cepatnya dengan warga yang tinggal di daratan. “ ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Muhammad Ismounandar di ruang kerjanya, selasa ( 3/4/2016)

Pulau ini berjarak lima belas kilometer dari kota Makassar. Dihuni 4.170 jiwa dengan mata pencaharian yang sebagian besar sebagai nelayan dan pedagang. Di pulau ini, sudah terdapat instalasi listrik dengan  generator yang beroperasi selama dua belas jam. Di pulau ini juga, terdapat dua unit sekolah dasar, satu unit taman kanak – kanak, dua masjid, serta dua unit musalla. Selain itu, juga terdapat fasilitas kesehatan berupa satu unit Posyandu serta Pos Obat Desa ( POD ). Untuk sarana olahraga, tersedia satu lapangan sepak bola yang di manfaatkan anak muda setempat bermain bola.

“Kami senang meyaksikan anak – anak muda yang kini kerap nongkrong di setiap sore di sekitar kantor kelurahan untuk menikmati akses wifi gratis.  Kebetulan Tower WIFI kita pasang di dekat kantor kelurahan, ini sekaligus memudahkan para pegawai kelurahan untuk bekerja dengan menggunakan fasilitas internet gratis “ lanjut Ismounandar.

Jaringan Tower Internet ini mampu di akses oleh warga dari jarak 50 hingga 60 meter dari tempatnya dipasang.

“Insya Allah, untuk tahun ini, masih ada tambahan dua pulau serta tujuh di daratan yang akan kita  pasang jaringan WIFI gratis. Sekarang sedang kita survey lokasinya “ lanjut Ismounandar.

Pemasangan WIFI gratis untuk warga Makassar ini menurut Ismounandar salah satu bagian dari rencana besar pemkot Makassar membangun sumber daya manusia Makassar yang lebih  “ smart “  demi makassar dua kali tambah baik.


“Pak walikota menginginkan ada pemerataan pembangunan di seluruh sektor, termasuk di ranah teknologi, informasi dan komunikasi. Makanya, warga kita yang bermukim di pulau menjadi salah satu sasaran yang ingin di jangkau. Selain fasilitas internet gratis, kita juga memiliki program sosialisasi internet sehat, termasuk mengajak seluruh stakeholder, baik itu orang tua, tenaga pengajar, termasuk tokoh agama untuk memberikan pengarahan terkait pemanfaatan tekhnologi informasi secara positif “ lanjut Ismounandar.(Iskandar Burhan)