MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 29 Oktober 2016

Bakar Semangat Pemuda, Danny Sebut Usia Muda Adalah Masa Golden Age

Apel Akbar Pemuda Makassar pada Hari Sumpah Pemuda (Foto: Kandar Oliver) 

smartcitymakassar.com - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto membakar semangat pemuda yang memadati lapangan Karebosi dalam Apel Akbar Pemuda Makassar memperingati Hari Sumpah Pemuda ke - 88 Tahun.di lapangan Karebosi, Jumat (28/10/2016)

Usia muda menurut Wali Kota Danny adalah masa golden age. Di usia inilah lahir pemikiran revolusioner dari kaum muda. Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak dapat diraih tanpa peran pemuda. Peristiwa Rengasdengklok adalah sejarah yang membuktikan kekuatan pemuda mampu merubah nasib bangsa.

Keberanian Soekarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh menculik Soekarno - Hatta membuahkan perundingan antara golongan tua dan muda yang akhirnya menyepakati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di kediaman pribadi Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

"Semangat sumpah pemuda adalah semangat pemuda Indonesia untuk bersatu mengisi kemerdekaan dengan hal - hal positif," kata Danny.

Sumpah Pemuda adalah semangat pemuda Indonesia untuk menyatakan diri sebagai satu identitas anak bangsa yang bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Identitas sebagai satu anak bangsa menjadi sumber kekuatan bagi Indonesia untuk mensejajarkan diri dengan bangsa - bangsa lainnya di dunia.

Semangat sumpah pemuda menjadi isnpirasi bagi generasi muda saat ini untuk bersatu membangun kejayaan Indonesia. Di Makassar, kata Wali Kota Danny, kekuatan pemuda menjadi salah satu pendorong suksesnya program - program pemerintah kota.

"Jika kekuatan pemuda menyatu maka dapat bertransformasi menjadi kekuatan pembaharu dalam msyarakat," semangat Danny.

Begitu dahsyatnya kekuatan pemuda, Soekarno sang pendiri bangsa dalam salah satu pidatonya menyebutkan beri aku seribu orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Momentum peringatan 88 tahun sumpah pemuda dimanfaatkan Wali Kota Danny menyatukan kekuatan pemuda untuk membangun Makassar dua kali tambah baik yang nyaman untuk semua.(Iskandar Burhan)