MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 11 Oktober 2016

Camat Manggala, Kadis Plt Kebersihan dan Jajaran PU Makassar Bersama Tinjau TPA Bintang Lima

(Foto: Humas Kecamatan Manggala, Kota Makassar, 2016)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Gani Sirman, yang didampingi oleh Camat Manggala Ansar Umar dan jajaran Dinas PU Kota Makassar, meninjau persiapan penanaman pohon di TPA Antang, Kecamatan Manggala, Selasa (11/10/2016).

Kunjungan ini, menurut Gani Sirman adalah untuk melihat kemajuan kesiapan lahan TPA yang menjadi lokasi penanaman pohon, termasuk jenis tanaman yang akan ditanam.

"Lagi meninjau lokasi TPA yang nantinya kita akan tanami ribuan pohon," kata Gani Sirman. "Selain kesiapan lahan yang akan ditanami pohon, jenis tanamannya juga bagian dari peninjauan kami. Pohon yang akan ditanam harus dikondisikan dengan struktur dan kadar tanahnya mengingat TPA yang sudah mengandung gas metan tentu juga menjadi pertimbangan jenis tanaman apa saja yang akan kita tanam," tambahnya.

"Penanaman yang akan dilakukan pada Bulan ini. Kita akan melibatkan para sekolah yang ada di wilayah Manggala, mulai dari SD, SMP dan SMA. Keterlibatan para siswa bukan hanya untuk menanam pohon saja, tetapi kita juga ingin menanamkan kepada anak-anak kita tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan," ucap Gani Sirman.

Sementara itu, Camat Manggala Ansar Umar mengatakan bahwa kondisi tanah di TPA terbilang subur dengan melihat masih banyak jenis tanaman yang masih tumbuh dan subur meskipun tanaman tersebut dikelilingi tumpukan sampah.

Ansar Umar juga mengusulkan penanaman pohon Lontara serta Teamate (Pohon Cina) mengingat karakter dari tanaman tersebut.

"Mengusulkan salah satu tanaman untuk ditanam yakni pohon Lontara, dimana pohon ini selain daya tahan dari berbagai musim juga mengandung makna dan ciri khas sebagai salah satu tanaman yang mengandung sejarah sendiri untuk orang Makassar," usulnya.

"Selain pohon lontara, salah satu pohon yang diusulkan adalah pohon Teamate (Pohon Cina). Jenis pohon ini juga tahan terhadap kondisi cuaca apapun termasuk tahan terhadap dampak gas metan, " tambah Camat Manggala ini.* (Iskandar Burhan)