MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 26 November 2016

KPK Gagas Aplikasi JAGA: Makassar Jadi Pilot Project

(Foto: Ari / Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Makassar menjadi pilot project penerapan aplikasi JAGA yang digagas oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Selain Makassar, pilot project program ini diterapkan di Penkanbaru dan Banda Aceh, Pontianak, dan khusus pulau Jawa melibatkan seluruh kota.

Aplikasi JAGA menjadi representasi kepedulian masyarakat dan pemerintah daerah terhadap sekolah, rumah sakit, puskesmas dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk menyediakan layanan dan fasilitas yang bersih dan transparan.

Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Hary Budiarto menuturkan bahwa kota-kota tersebut dipilih menjadi pilot project sebagai langkah awal penerapan aplikasi JAGA ini dan akan diterapkan di 500 kata pada 2017 nanti.

(Baca juga: Deputi Informasi dan Data KPK Puji Program 'Home Care' Makassar)

"Kita awali dari beberapa daerah dan nantinya di 2017 diharapkan model itu sudah terbangun dan bisa diterapkan di 500 kota yang tersebar di 34 provinsi," kata Deputi Hary di Balaikota, Kamis (24/11/2016).

Ada tiga bidang pelayanan publik yang menjadi sasaran aplikasi yang dijadwalkan diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 9 Desember 2016 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi, yaitu pendidikan, kesehatan, dan perizinan. Untuk memantaunya, aplikasi JAGA memuat empat pemantauan layanan publik, yakni sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan layanan perizinan.

"Di bidang pendidikan masyarakat bisa mengecek anggaran pendidikan yang dikelola setiap sekolah, sementara di bidang kesehatan dapat diketahui jumlah kamar rawat inap yang masih tersedia, dan bidang perizinan masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait jenis perizinan, waktu pengurusan, dan lamanya waktu yang dibutuhkan penerbitan izin, serta status permohonan izin," lanjut Deputi Hary.

Selain informasi yang diuraikan Deputi Hary, aplikasi JAGA juga menyediakan layanan Cek Sekolah untuk mengecek profil dan fasilitas sekolah yang ada. Di samping itu, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan atau berdiskusi di forum yang tersedia yang terkoneksi dengan media sosial.

Di bidang kesehatan, masyarakat bisa melakukan Cek Rumah Sakit dan Cek Puskesmas untuk mengakses atau mengecek profil, tenaga dokter, jumlah kamar yang tersedia dan menyampaikan keluhan serta berdiskusi di forum yang tersedia.

Sementara pada layanan Cek Perizinan, masyarakat bisa mengajukan perizinan secara online ataupun bisa melakukan pengaduan terkait layanan perizinan.

Selain untuk mengembangkan kesadaran pentingnya transparansi pada setiap layanan publik, aplikasi ini juga mengajak keterlibatan masyarakat dalam pemantauan dan pelaksanaan kegiatan layanan publik di sektor pendidikan, kesehatan dan perizinan.

Wali Kota Makasaar Danny Pomanto menyampaikan kesiapan kota yang dipimpinnya menjadi pilot project pemberlakuan aplikasi JAGA, "Adanya program ini membuat penyelenggaraan pemerintahan semakin bersih, transparan, dan akuntabel," pungkasnya.* (M. Yushar M. / Ade I. Gobel)