MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 07 November 2016

Tingkatkan Pelayanan Keuangan BPKA Laksanakan Workshop Akuntansi Berbasis Akrual Dana Bos Sekolah

Foto: Diskominfo Makassar 

smartcitymakassar.com - Dalam rangka penyelesaian laporan dana BOS Sekolah tahun anggaran  2016 sudah berbasis akrual dimana  laporan keuangan tersebut, akan dikonsilidasikan menjadi laporan keuangan Pemerintah kota Makassar, sehingga perlu adanya pemahaman yang sama disetiap sekolah dalam menyamakan persepsinya
berdasarkan aturan yang terkandung Peraturan Pemerintah No 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kenari. Senin (7/11/2016) bertujuan memberikan wawasan serta skill kepada bendahara sekolah dalam penyusunan laporan dana Non APBD  khususnya dana Bos.

Menurut ketua panitia  Fuad Effendi, kegiatan yang dilaksanakan  akan menggunakan metode langsung  Praktek dan Implementasi.

" Kita langsung praktekkan kepada bendahara sekolah yang hadir, agar mereka mampu membuat laporan sesuai basis akrual, sehingga pelaporan periode bulan September 2016 sudah bisa terealisasi,"ujarnya.

Dalam sambutan Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto  yang dibawakan Sekretaris daerah (Sekda) kota Makassar Ibrahim Saleh menekankan bahwa pengelolaan keuangan daerah saat ini sudah berubah seiring perubahan undang undang yang berlaku  tentang
pengelolaan keuangan daerah.

"Tentunya ini tantangan baru bagi pengelola keuangan daerah dimana metode kas berubah menjadi basis aktual, sehingga sangat perlu dicermati oleh  setiap SDM pengelola keuangan disekolah sekolah dalam mengelola anggarannya," jelasnya.

Kegiatan Workshop berbasis akrual diikuti Bendahara sekolah dalam lingkup pemerintah kota Makassar dan akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal  7 -8  November 2016. (dayat/yushar)