MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 20 Februari 2017

Yuk, Jadikan Rumah Nyaman!

(Foto: Thoha Pacong / SmartCityMakassar Online News®, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Banyak orang menjadikan tahun baru, lebaran, atau hajatan sebagai momen untuk melakukan renovasi atau perubahan. Renovasi pada rumah dapat berupa peremajaan wajah, penataan ulang furniture, atau penambahan aksesoris. Intinya bagaimana rumah menjadi tempat yang lebih nyaman.


Berikut beberapa ide ronovasi mudah dan murah yang dapat menjadikan rumah lebih nyaman untuk ditinggali :

1. Bersihkan tumpukan barang

Tidak ada yang lebih membuat rumah terasa sesak dan sumpek selain tumpukan barang lama. Kita juga tidak yakin apakah barang tersebut masih berguna dan dibutuhkan atau tidak. Mau dibuang sayang, tetapi disimpan pun hanya memenuhi tempat.

Berbenah, saatnya! Singkirkan benda yang jarang dipakai. Sortir mana yang masih dapat diberikan kepada orang yang membutuhkan, dan mana untuk dibuang. Setelah selesai, Anda akan kaget betapa banyak ruang yang ada di rumah. Rumah menjadi lebih legakan?!

2. Cat ulang beberapa bidang

Cara termudah mengubah tampilan ruang adalah dengan mengecat. Tidak perlu mengecat seluruh ruang dalam rumah, cukup mewarnai ulang satu atau dua ruang yang sering digunakan, maka rumah pun tampil baru!

Untuk hasil maksimal, cat ruang dengan warna-warna berani seperti orange, merah, atau kuning, tentunya disesuaikan dengan tema ruang dan perabotan anda.

3. Pajang Foto atau benda koleksi

Cara ini membuat rumah menjadi nyaman dan “kita banget”. Siapa dan bagaimana pribadi Anda akan dapat tergambar lewat benda-benda yang dipajang di ruangan rumah Anda.

Jangan malu memajang banyak foto atau benda koleksi yang selama ini hanya tersimpan di kamar. Foto dan benda koleksi dapat menjadi hiasan yang menarik lho!

4. Buka Jendela

Kita mungkin sudah terlalu dimanjakan dengan sejuknya AC, sehingga jendela di rumah jarang dibuka. Padahal, udara di dalam rumah butuh untuk selalu diganti dengan yang baru.

Karena itu, usahakan membuka jendela lebar-lebar terutama pada pagi hari. Aliran udara yang lancar juga ikut menghalau kelembaban yang berpengaruh buruk bagi kesehatan penghuni.

5. Apotik Hidup

Gaya hidup sehat sebaiknya diterapkan. Tempat terbaik untuk memulainya adalah rumah. Desain dan mamfaatkan lahan halaman yang ada untuk menanam aneka tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan dan bahan dapur, seperti bawang daun, seledri, mint, jahe, serei, dan sebagainya.

Dak di atas belakang rumah juga dapat menjadi tempat bercocok tanam yang ideal karena terpapar sinar matahari langsung. Jika tidak tersedia lahan, buat sistem kebun vertikal. Caranya, susun dan gantung pada teras. Selain rumah tampil menghijau, hasilnya pun dapat di konsumsi.

Silahkan dicoba, nikmati kenyamanan rumah Anda!* (Thoha Pacong)