MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 13 Juni 2017

Optimalkan Layanan, PDAM Makassar-LAPI Indowater Jalin Kerjasama

Foto/Humas  

smartcitymakassar.com - Makassar - Direktur Utama PDAM Makassar Haris Yasin Limpo menandatangani perjanjian kerja sama dengan Direktur Utama PT LAPI Indowater ITB Abdul Azis Jayaputra, Bandung, Senin, (12/6/2019).

Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersama sejumlah pimpinan SKPD dan Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi.

PDAM Makassar dan PT LAPI Indowater ITB bersepakat kerja sama di bidang teknologi pengelolaan air, peningkatan kapasitas, kualitas, dan kontinuitas air bersih melalui peningkatan kinerja instalasi dan perbaikan operasional teknis distribusi.

"Target kerja sama ini untuk pemenuhan 3K dan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) 2019," kata Direktur Haris.

Ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dengan 169 kelompok sasaran yang terintegrasi dan tak terpisahkan satu dan lainnya. Salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan adalah memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

Adanya kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan pelayanan PDAM Makassar sehingga target 3K dan SDGs 2019 dapat tercapai.

Di tahun 2016 lalu, PDAM Makassar menargetkan cakupan layanan masyarakat hingga 72% dengan melakukan penambahan jumlah cakupan pelanggan air bersih hingga 10 ribu dari 70 ribu unit rumah yang masuk dalam daftar tunggu.

Di tahun yang sama, PDAM Makassar melakukan penambahan pipa jaringan baru di wilayah timur dan utara kota dengan panjang kurang lebih 3 km sehingga panjang pipa jaringan PDAM menghampiri 4 juta km untuk melayani masyarakat pelanggan air.


Saat ini PDAM Makassar memiliki jumlah pelanggan sekira 169 unit rumah dengan jumlah debit air kurang lebih 2.950 liter per detik dari lima instalasi yang ada. Di tahun 2017, PDAM Makassar menargetkan 75% hingga 80% masyarakat terlayani air bersih.*(Iskandar Burhan)