MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 05 Juni 2017

Sosialisasi Jaminan Keselamatan Kerja bagi Pegawai Pemerintah Non ASN Pemkot Makassar



(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Ibrahim Saleh didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Irwan Bangsawan menerima rombongan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, di Ruang Rapat lantai 9 Menara Balaikota, pada Senin (05/06/2017).

Menurut Ibrahim Saleh, kunjungan pegawai BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk sosialisasi dan koordinasi teknis terkait keikutsertaan pegawai pemerintahan Non ASN dalam jaminan kecelakaan kerja dan program jaminan kematian.

"Program kecelakaan kerja dan jaminan kematian tentunya akan menjamin dan memberi rasa aman bagi setiap Non ASN dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehari-hari karena adanya program ini," ucap Ibrahim Saleh.

Ditegaskannya, kepada masing-masing SKPD untuk segera melakukan kerja sama dengan pihak penjamin program keselamatan kerja tersebut. Hal ini karena tuntutan beberapa SKPD yang rentan dengan resiko pekerjaannya, khususnya terkait pelayanan publik di lapangan.

"Ada beberapa SKPD yang sangat rentan dengan resiko kecelakaan kerja, misalnya Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja," sebut Ibrahim Saleh.

"Tentunya dengan memberikan jaminan keselamatan kerja, mereka bisa dengan tenang melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sebagai pelayan publik tanpa harus khawatir jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama menjalankan tugasnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Ketenagakerjaan Irwan Bangsawan berharap pula agar SKPD yang belum mengikuti program ini bisa segera merealisasikannya karena sudah diatur, dengan UU No 12 Tahun 2011 tentang jaminan keselamatan kerja terkhusus non ASN sudah harus mempunyai program jamiman keselamatan kerja.* (Ade Ismar Gobel / Iskandar Burhan)