MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 27 September 2017

Diduga Galang Dukungan Pilwalkot di Sekolah, Kadis Pendidikan Bakal Dipanggil Dewan Pendidikan Kota Makassar

Foto: Istimewa  

smartcitymakassar.com - Makassar - Pengurus Dewan Pendidikan Kota Makasaar, sepakat memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar. Terkait laporan dari masyarakat yang menuduh Ismunandar menggalang dukungan kepada guru, orang tua siswa, dan siswa untuk menjadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Makassar.

"Tidak boleh ada mobilisasi dukungan di kalangan pendidik dan orang tua siswa. Apalagi siswi," kata ketua fraksi PKS, Muzakkir Ali Djamil, Selasa (26/09/2017).

Meski begitu, kata Muzakkir, pihaknya tetap memegang asas praduga tak bersalah. 

"Bagusnya ada laporan tertulis disertai bukti lapangan. Supaya bisa disikapi dengan baik," kata anggota Dewan Pendidikan Kota Makassar.

Muzakkir belum menentukan kapan Ismunandar akan dipanggil untuk klarifikasi tuduhan penggalangan dukungan ini. "Sekiranya itu betul, maka saya menyayangkan yang dilakukan Kadis Pendidikan," katanya.

Sementara fraksi PAN, yang dikomandoi Hamzah Hamid, membenarkan akan mengagendakan pemanggilan kepada Ismunandar ke Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesra.

Hamzah mengaku akan menanyakan beberapa hal terkait langkah politik yang dinilai tidak tepat oleh mantan staf ahli wali kota tersebut.

"Kita sangat sayang kepada pak kadis, makanya kita panggil untuk mengklarifikasi apakah yang dilakukan itu atas inisiatifnya. Saya belum percaya sepenuhnya sebelum pak kadis datang ke sini," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah orang tua siswa melaporkan ke wali kota. Mereka merasa keberatan, jika anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), dibagikan surat pernyataan dukungan paslon.

Surat tersebut berbunyi pernyataan tidak akan menarik dukungan terhadap pencalonan pasangan perseorangan dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota, yakni Ir. H. Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto dan H. Ismunandar, MM. (Umr/Iskandar Burhan)