MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 25 Oktober 2017

Upaya Percepatan Pengembalian Fasum Fasos di Biring Romang Mulai Tunjukkan Hasil



(Foto: Humas Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Upaya percepatan pengembalian fasilitas umum (fasum) maupun fasilitas sosial (fasos) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan melibatkan masyarakat tampak mulai memperlihatkan hasilnya.


Seperti fasum fasos yang terletak di Kompleks Unhas Antang Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala. Menurut Lurah Biring Romang, Rahmat, pihaknya dengan melibatkan unsur kepolisian, RT/RW, dan tokoh masyarakat, berdasarkan data siteplan dan bukti penyerahanya kepada pemkot Makassar, telah mengidentifikasi sejumlah titik fasum fasos.

Baca juga: Dinas Perumahan Makassar Bentuk Tim Guna Percepatan Verifikasi Fasum Fasos

Lurah Biring Romang ini melanjutkan bahwa fasum fasos yang ada di kompleks Unhas Antang kondisi lahan fasum fasosnya masih dalam penguasaan masyarakat sekitar, seperti sebuah bangunan Masjid, lahan fasos berupa Sekolah Taman Kanak kanak yang dikelola oleh Dharma Wanita Pegawai Unhas juga posyandu. Namun beberapa titik fasum fasos juga dalam keadaannya vakum, seperti lapangan olahraga, untuk sarana Sekolah Dasar, Taman Bermain dan open space.

Di lokasi berbeda, masih dalam wilayah Kelurahan Biring Romang, Rahmat mengatakan bahwa  berdasarkan dokumen yang diterima oleh Kelurahan Bangkala dan dari hasil indentifikasi serta melakukan penyandingan data, ada 8 (delapan) titik fasum fasos yang berhasil diidentifikasi dengan kondisinya sebagian vakum atau tidak dimanfaatkan.

Sekadar diketahui, dari titik fasum fasos di lokasi kompleks Unhas Antang, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, berdasarkan bukti penyerahan oleh Perum Perumnas Antang Cab.VII Unit Antang dengan No.BA penyerahan: Cab.VII/1794/XII/98 - 684.11/12/BA/Bpd yang diserahkan pada 17 Desember 1998 kepada Pemkot Makassar, ada 8 lokasi fasum fasos diserahkan diantaranya:

1. Lahan Fasos Untuk Sekolah Dasar luas 1.693 M2
2. Lahan untuk Puskesmas luas 684 M2
3. Lahan tempat ibadah ( masjid) luas 5.459 M2
4. Lahan open spice luas 4.508 M2
5.Taman bermain luas 510 M2
6. Taman Hijau luas 5.081 M2
7. Lapangan Olahraga luas 8.320 M2
8. Jalan Hijau luas 6.297 M2
9. Fasos luas 1.407,8 M2

Sebagai tindak lanjut dari hasil identifikasi berdasarkan site plan dan berita acara penyerahan, Rahmat menjelaskan, pihak Kelurahan Biring Romang akan berkoordinasi dengan para stakeholder terkait guna langkah teknis selanjutnya.* (Ron/Is)