MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 21 November 2017

Wali Kota Malang di War Room Makassar: Ini Harus Kita Tiru

(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)





Smartcitymakassar.com.--Makassar- Wali Kota Malang bersama rombongan berkunjung khusus ke Kota Makassar. Kunjungannya tersebut untuk meninjau langsung Command Centre (War Room) milik Pemkot Makassar, Selasa (21/11/2017).


Didampingi oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, rombongan berkeliling sambil mendengar penjelasan mengenai fungsi konkret dan alur dari War Room.

"War Room (command centre) ini yang sangat membantu dalam hal memantau keamanan di Kota Makassar. War Room tersebut terkoneksi dengan pihak kepolisian secara langsung," ucap Danny.

Pembangunan War Room, menurut Danny, tumbuh disesuaikan kebutuhan atau scalable. Jika langsung dibangun sementara kebutuhan pendukung termasuk SDM belum disiapkan tentunya akan menjadi pemborosan pada pengadaan awal.

Pada dasarnya, Kota Malang telah memiliki ruangan untuk digunakan sebagai pengoperasian war room namun terkendala pada pengaplikasian dan alur penggunaannya secara detail.

"Wah ini menarik. Kami akan mencontohi. Ini bukan studi banding tapi kami study tiru," ucap Wali Kota Malang Muh. Anton. Sepulangnya dari Makassar, pihaknya rencananya akan langsung membahas mengenai anggaran pembangunan war room.

"Ini kita harus tiru, sangat bagus ini. Besok kan masih pembahasan anggaran. Saya harus membahas ini juga dan masukkan ke dalam anggaran," ungkapnya.* (Iskandar Burhan)