MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 14 Desember 2017

Di Asia Pacific Leaders Forum, Danny Paparkan Cara Makassar Bangun Inovasinya



(Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com.--Jakarta- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menjadi pembicara di Asia Pacific Leaders Forum on Open Government yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden bekerjasama dengan Bappenas.

Forum yang bertema “Open Government for Inclusive Development” dan digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (14/12/2017), dihadiri oleh pejabat setingkat menteri, kepala daerah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, media dan mitra pembangunan yang berasal dari negara-negara di wilayah Asia Pasifik.

Dalam paparannya, Wali Kota Danny menjelaskan inovasi Kota Makassar. Inovasi yang diawali dari capturing issues menuju ke solusi, menjadi inovasi dan berbasis aplikasi.

Dicontohkan, "Pasikola" yang merupakan salah satu inovasi untuk angkutan anak sekolah yang hadir disaat kurangnya transportasi publik sekolah dan disaat bertambahnya jumlah kendaraan pribadi yang mencapai sekitar 1,5 juta kendaraan pribadi.

Segala bentuk inovasi ini, jelas Danny, juga menjadi bagian dari pelibatan masyarakat baik itu bottom-up ataupun top-down. Inovasi Pasikola betul-betul menghadirkan peranan orangtua murid, pelajar dan supir angkutan "Pasikola" itu sendiri dan dari pihak pemerintah.

Alhasil, Pasikola juga melahirkan aplikasi e-Nassami, suatu aplikasi berbasis GPS untuk memantau rute Pasikola anak sekolah.

Keseluruhan rangkaian solusi, inovasi dan aplikasi ini tentunya menjadi bagian baru dari birokrasi Pemerintah Kota Makassar.

Pembangunan, kata Danny, haruslah memberi manfaat dan dapat dirasakan merata oleh masyarakat.

"Membangun gedung-gedung tinggi hanya bisa dinikmati segelintir orang saja. Karena itu, kita prioritaskan menciptakan ruang yang nyaman bagi masyarakat terlebih dahulu dengan meningkatkan pelibatan masyarakat melalui solusi dan inovasi,” lanjutnya.

Selain Wali Kota Makassar, beberapa pembicara yang tampak hadir antara lain Bupati Luwu Utara Indah Putri, CEO Kotakita Paulista Surjadi, CEO Innovation Lab Anir Chowdhury dan Head ANSA-EAP Redempto Parafina.

Asia Pacific Leaders Forum ini berhasil mengumpulkan 650 representatif dari seluruh sektor yang tergabung dalam kemitraan OGP lima negara lain dalam wilayah Asia Pasifik, Australia, Papua Nugini, Sri Lanka, Pakistan, Afghanistan dan Kirgizstan.* (Iskandar Burhan)