MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 05 Juli 2018

Adu Pinalti Pertama Kali Diusulkan Oleh Karl Wald


(Foto : Ilustrasi)
smartcitymakassar.com - Makassar - Dalam pertandingan sepak bola, untuk menentukan pihak mana yang menang atau kalah - tidak boleh hasil seri - maka dilakukan adu pinalti.

Sebelum sistem adu pinalti ini berlaku, jika hasil seri, penentu pemenang menggunakan koin. Tentu saja penentu pemenang melalui koin adalah tindakan untung-untungan. Begitulah anggapan Karl Wald, wasit asal Bavaria, Jerman, sekira tahun 1970.

Wald mengusulkan sistem adu pinalti kepada Ketua Persatuan Sepak Bola Bavaria. Setelah usulan diterima, diteruskan ke Persatuan Sepak Bola Jerrman (DFB). Kemudian aturan ini diterapkan pula di UEFA dan Federation Internationale de Football Association.

Penerapan adu pinalti dalam pertandingan internasional pertama kali dilakukan saat final kejuaran sepak bola Eropa UEFA 1976, antara Cekoslowakia versus Jerman Barat. 

Dalam skala lokal, adu pinalti pertama kali diterapkan di Inggris tahun 1970 antara Hull City versus Manchester United memperebutkan Watney Cup. Hal ini menjadi klaim lain, bahwa adu pinalti pertama kali diusulkan di Inggris**(Rahmat M)