MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 18 Agustus 2018

Di Karangasem Bali, Nuansa Merah-Putih Hiasi Acara Pengabenan Massal



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Karangasem, Bali-- Nuansa merah putih hiasi pengabenan massal bertepatan dengan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Desa Pesaban, Rendang, Karangasem, Jumat (17/08/2018).


Ribuan masyarakat Pesaban mengenakan pita merah putih di kepala saat mengusung bade serta penulangan atau tempat tulang jenazah, sedangkan bagi yang wanita mengenakan baju putuh dengan ikat pinggang berwarna merah.

Nuansa merah putih ini juga terlihat sebelum pengusungan bade dan penulangan dilakukan acara megenjekan atau olah vokal tradisional ala Karangasem dengan menyanyikan lagu merah putih versi Bali.

Sebelumnya, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri menyapa masyarakat Desa Pesaban, Rendang, Karangasem yang sedang khsusuk mempersiapkan upacara ngaben massal.

"Ini merupakan wujud nyata dari visi cerdas dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana yang menjadi bagian daripada visi dan misi program kami," kata Bupati Mas Sumatri saat berkunjung ke Peyadnyan Ngaben Massal, Pesaban, Rendang, Karangasem, Kamis (16/08/2018).

Tri Hita Karana yang dimaksud Bupati pertama wanita di Bali ini mengatakan hubungan manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Manusia dan Hubungan Manusia.

"Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan ini," ujarnya.

Dirinya juga pada kesempatan itu berdoa agar upacara pengabenan massal Desa Pesaban berjalan tanpa hambatan.

Di lain sisi, pada kesempatan yang sama Bupati Sumatri juga menyinggung soal pemanfaatan objek wisata Bukit Jambul. "Objek wisata ini baik itu kegiatan wisata kuliner," jelasnya.

Ia berharap para pemuda dan pemudia yang potensial ikut membangun desanya.

Selanjutnya para pemuda serta pemudi berkumpul untuk membentuk tim menggarap potensi-potensi yang ada di desanya.** (IWO/Iskandar Burhan)