MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 18 Oktober 2015

Semen Tonasa Optimalkan CSR

Sebagai salah satu bentuk kontribusi kepedulian perusahaan terhadap lingkungan masyarakat sekitarnya, Corporate Sosial Responsibility (CSR) menjadi penting untuk terus dioptimalkan, baik dari bentuk programnya maupun keterjangkauan sasaran yang tepat pada masyarakat.

Hal inilah yang senantiasa dilakukan oleh PT. Semen Tonasa. Sejak menjabat sebagai Dirut PT. Semen Tonasa pada tahun 2012 lalu, Andi Unggul Attas MBA, menjadikan program CSR ini sebagai prioritas yang sangat penting untuk mendekatkan perusahaan pada lingkungan masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, perbaikan sistem termasuk pembenahan penyaluran dana CSR terus ditingkatkan.

Sistem yang dibenahi antara lain dengan mengangkat langsung seorang pejabat yang bertugas mengawasi pengelolaan dan penyaluran dana CSR Semen Tonasa pada masyarakat. Dalam hal pertanggungjawaban, Semen Tonasa melibatkan  lembaga auditor internasional yang berafiliasi dengan auditor Indonesia. Menariknya, lembaga auditor ini bukan ditunjuk oleh PT. Semen Tonasa, namun ditentukan oleh PT. Semen Indonesia selaku induk dari Semen Tonasa.


Terobosan yang dilakukan PT. Semen Tonasa ini akhirnya membuahkan hasil. Di tahun 2014 lalu, dalam penganugrahan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) yang diselenggarakan Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat RI dan Coorporate Forum for Community Development (CFCD),  Semen Tonasa berhasil meraih penghargaan untuk kategori program GKPM Awards-CSR Best Practice for MDGs. “ Keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh manajemen dan karyawan PT. Semen Tonasa”, tutur Andi Unggul Attas.* (Iskandar Burhan)