MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 19 Desember 2015

BPBD Makassar Petakan Enam Kecamatan Rawan Banjir



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Intensitas curah hujan di Kota Makassar beberapa hari ini cukup tinggi, menyebabkan beberapa titik mengalami genangan air yang cukup tinggi. Kota Makassar memang termasuk daerah yang rawan banjir karena letak geografisnya berdekatan dengan pantai.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Syahruddin, pihaknya telah memetakan ada enam kecamatan di Kota Makassar yang berkategori rawan banjir. Kecamatan tersebut antara lain, Panakukang, Biringkanaya, Tamalanrea, Tamalate, Rappocini dan Manggala.

Diantara enam kecamatan tersebut, Kecamatan Manggala yang memiliki tingkat kerawanan paling tinggi, “Bila kecamatan lain masih terpantau normal, Manggala karena berada di daerah rendah maka genangan bisa bertahan dua hingga tiga hari” kata Syahruddin, Jumat (18/12) setelah mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Siaga Darurat Bencana Banjir  Kabupaten/Kota se-Sulsel.


Sampai saat ini BPBD Makassar telah megantisipasi dengan menyiagakan petugas di lapangan dengan ketinggian genangan yang mencapai 50 cm. Persiapan tenda untuk keluarga, perahu karet juga telah dilakukan bila kondisi menjadi semakin parah. Oleh karenanya BPBD menyiapkan angaran 1 miliar terkait dengan antisipasi tersebut. * (Iskandar Burhan)