MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 12 Desember 2015

Goyangan Lidah Ikan Bakar H. Harun



smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Sebagai kota pantai, Makassar merupakan surga bagi kuliner berbahan jenis ikan. Racikan berbagai masakan dengan menu utama ikan ini memang menjadi kuliner kebanggaan kota yang terkenal dengan pantai Losarinya. Salah satu menu favorit berbahan ikan segar ini adalah menu ikan bakar.

Teletak di jalan Nikel Raya, Makassar, rumah makan H. Harun semakin menjadi magnet bagi pencinta kuliner dengan menu utama ikan bakar. Berdiri sejak September 2012, ikan bakar H. Harun memang sangat memperhatikan kualitas makanan yang ditawarkannya. Ikan segar yang menjadi bahan utama langsung diperoleh dari Paotere, tempat pelelangan ikan terbesar di kota Makassar.

Dari dertetan menu ikan bakar yang ditawarkan,  jenis ikan yang paling digemari oleh pelanggan adalah ikan kaneke yang dibelah dan permukaannya dibaluri olahan bumbu rica-rica. Cara pembakaran ikannya juga merupakan bagian yang sangat diperhatikan oleh H. Harun. Itulah sebabnya, sampai saat ini dia masih kerap terjun langsung dalam membakar dan mengolah bumbu yang menjadi khas rumah makan ikan bakar H. Harun.

Ketertarikannya memulai usaha ini diawali oleh peluang bisnis kuliner yang memang masih terbuka lebar dan telah menjadi trade mark kota Makassar. Di setiap jalan di kota berjuluk kota Daeng ini kita dengan gampang menemukan berbagai rumah makan dengan tawaran variasi menu yang beragam, mulai dari menu tradisional lokal khas Makassar sampai makanan bercita rasa internasional.

Namun yang paling laris serta senantiasa dicari oleh warga Makassar maupun pencinta kuliner yang datang ke daerah ini adalah menu ikan laut maupun ikan tawar yang memang sejak dahulu menjadi makanan andalan kota ini. Dengan demkian cita rasa dari olahan ikan yang ditawarkan haruslah menjadi sangat  penting untuk membedakan antara beragam rumah makan yang mengandalkan ikan bakar sebagai menu utamannya.

Racikan olahan bumbu inilah yang menjadi andalan dari menu ikan bakar H. Harun. Bahan yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, merica, kecap dan daun jeruk merupakan rempah utama sebagai penyedap selera dari goyangan lidah ikan bakar H. Harun. Olahan itu dimulai dengan bawang merah diiris-iris kecil dan bersama bawang putih kemudian di-blender dan kemudian dimasak tumis.  Ketika bumbu ini ditumis, aroma yang naik ke udara demikian mengundang selera kita untuk menyantap lahap makanan yang tersaji.

Di rumah makan Ikan Bakar H. Harun, menu yang ditawarkan cukup variatif antara lain, ikan rica-rica, ikan parape dengan tambahan menu sayur pilihan seperti sayur santan, sayur bening dan kangkung tumis. Semua menu ikan bakar ini terasa sangat gurih di lidah. Ada lagi menu tambahan yang paling digemari pelanggang H. Harun yang tidak dimiliki rumah makan lain, yakni raca’-raca’ taipa (buah mangga mentah yang diiris-iris tipis).  Cara membakar ikan yang pas menjadikan daging ikan demikian lembut di lidah. Apalagi ditambah dengan rasa pedas dari olahan bumbu rica-rica menjadikan masakan ikan bakar H. Harun benar-benar membuat pelanggang ‘ketagihan’ untuk terus datang dan mencobanya.


Dibangun dengan basis kekeluargaan serta keakraban antara karyawan serta pelanggan, menjadikan rumah makan Ikan Bakar H. Harun memang menawarkan suasana khas daerah Makassar yang penuh dengan keguyupan. Di sela-sela menyatap nikmatnya ikan bakar, pelanggan kerap disapa langsung oleh H. Harun. Obrolan ramah dari sang pemilik sambil menggoyang lidah khas ikan bakar H. Harun menjadi bagian yang paling menarik dari suasana yang ada di rumah makan ini.*
  (Iskandar Burhan)