MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 31 Desember 2015

Kaleidoskop 2015: ASEAN Mayors Forum Digelar di Makassar



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Kota Makassar mendapat momentum besar. Tanggal 8-10 September 2015, Forum Pertemuan Wali Kota se ASEAN (ASEAN Mayors Forum) 2015 digelar di kota ini. Pertemuan bersejarah ini diselenggarakan oleh beberapa lembaga ternama seperti APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), United Cities and Local Government Asia Pasific dan Pemkot Makassar.

Digelar sebagai ajang persiapan menyambut diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016, Hal yang paling mengemuka dalam pertemuan ini adalah bagaimana menghadapi tantangan ke depan yang bakal menghadang, terutama di pemerintahan lokal yang langsung bersentuhan dengan dinamika dari “dunia Asean yang tanpa sekat (“perbatasan”) tersebut. Karena bagaimanapun, dalam framework  Masyarakat Ekonomi Asean 2015, pemerintahan lokal (local government) bakal menjadi garda depan yang paling berperan dalam membawa sebuah negara mampu tampil maksimal.  


Diakhir gelaran pertemuan ini, sebuah Deklarasi yang bertajuk “Makassar Declaration” dilakukan dengan membubuhkan tandatangan pada batu prasasti. Wali Kota Makasssar, Moh. Ramdhan Pomanto kemudian membacakan lima komitmen bersama membangun kota di ASEAN. Ke lima komitmen tersebut adalah, dukungan terhadap pemberkuan MEA untuk kesejahteraan warga, AMF sebagai kekuatan regional, nasional dan lokal yang berakar dari masing-masing kota, kota sebagai pilar utama masyarakat ASEAN, membuat sekretariat untuk saling berbagi dan membentuk universitas ASEAN serta Forum Pemuda ASEAN. * (Iskandar Burhan)