MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 17 Desember 2015

Mario David: Perda CSR Bakal Optimalkan Makassar Dua Kali Lebih Baik



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Peraturan Daerah (Perda) inisiasi DPRD Makassar tentang Coorporate Social Responsibility (CSR) bakal sangat membantu mengoptimalkan program-program Pemkot Makassar untuk mewujudkan Kota Makassar Dua Kali Lebih Baik.

Hal ini dikemukakan oleh Mario David, Legislator DPRD Makassar saat menjadi pembicara pada “Rakor Teknis Usulan Program/Kegiatan CSR/BKBL 2016” di Sahid Jaya Hotel Makassar, Rabu (16/12)

Menurut Anggota DPRD Makassar ini, keberadaan Perda CSR ini akan menjadi payung hukum yang semakin menguatkan kerja koordinasi, korelasi, deteksi serta pelaksanaan antara pemerintah, perusahaan serta Forum CSR-PKBL

“Perda CSR ini menjadi penguatan untuk koordinasi, korelasi dan deteksi berbagai program CSR dari BUMN serta perusahaan swasta agar lebih terarah dan berkelanjutan”, ujarnya.
Lebih lanjut Mario menyatakan bahwa dari data yang dikantonginya, masih ada sekitar 20% dana CSR belum tergarap secara maksimal. Kehadiran Perda inilah yang akan menjadi payung hukum yang bisa mengoptimalkannya.

“Potensi CSR kota Makassar ini sangat besar. Dari data yang ada, kita punya 38 BUMN dan ribuan perusahaan swasta aktif. Pengotimalan CSR perusahaan inilah yang bisa sangat membantu realisasi program-program pemerintah”, tuturnya.

Apalagi menurutnya, Perda ini dilengkapi dengan kekuatan untuk punishment dan reward, sehingga perusahaan merasa terikat serta diberi penghargaan bila menyalurkan dana CSR nya tepat sasaran, berkelanjutan serta mampu memberi manfaat bagi masyarakat banyak.

Pada tempat yang sama, Ketua Forum CSR-PKBL Makassar, Muh. Akbar menyatan bahwa selama ini koordinasi antara program pemerintah dengan program CSR pelaku usaha sudah berjalan baik. “Namun memang masih harus dioptimalkan serta diselaraskan sehingga kemanfaatannya lebih besar”, katanya.


Adanya Perda tentang CSR ini menjadi momentum akan proses penyelarasan serta koordinasi antara pemerintah dengan pelaku usaha menjadi semakin baik serta berguna bagi pembangunan kota Makassar. * (Iskandar Burhan)