MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 04 Februari 2016

Dialog Awal Tahun HMS UMI Bedah Banjir Makassar



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) Universitas Muslim Indonesia mengadakan Dialog Awal Tahun bertema "Membedah Banjir Makassar Menuju Kota Dunia" di Auditorium Al Jibra Kampus UMI Makassar, Kamis (04/02/2016).

Dalam dialog tersebut HMS UMI menyampaikan empat rekomendasi kepada Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, menyangkut antisipasi dan atasi masalah banjir di Kota Makassar. Yakni, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus menindaklanjuti studi yang sudah dilakukan dan segera membuat 'detail design' (DED). Selanjutnya, DED yang dibuat harus mencakup seluruh wilayah Makassar, tidak parsial. 

Rekomendasi ketiga, desain tipe saluran buangan utama harus menggunakan turap agar volume air yang dialirkan menjadi besar, dan hal terakhir mengingat tinggi muka air laut, diharapkan membuat pintu 'outlet' yang juga berfungsi sebagai pintu penguras.

"Rekomendasi membuat DED dan FSD (feasibility study) yang ada sudah tepat," jelas Wali Kota menyangkut rekomendasi tersebut. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar selanjutnya yang akan menjalankan. "Kita sudah siap, tinggal bagaimana kementerian merespon usulan ini," respon Kepala Dinas PU Kota Makassar, Muhammad Anshar. "Kita segera komunikasikan dengan Pak Menteri," tambah Danny Pomanto.

Wakil dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI, Haryono Umar, menyatakan kesiapannya mendukung segala upaya dari Pemkot Makassar menanggulangi masalah banjir. Akademisi dari UMI, Ir. Mas'ud Sar juga dihadirkan dalam dialog ini* (Iskandar Burhan)