MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 27 Februari 2016

Mengundang Para Walikota Berbicara (1/2)



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kota-kota dunia era kini menghadapi masalah pelik yang tidak dialami sebelumnya. Masalah imigrasi, siklus atau periode besarnya populasi berusia tua (aging population), pengangguran usia muda, adalah yang sementara dihadapi, baik secara sendiri atau bersama-sama, beberapa kota di wilayah Uni Eropa.  Perubahan iklim, cadangan energi dan makanan, lingkungan adalah masalah yang umum dihadapi dunia. Masalah ini pelik karena saling bertautan, yang satu mempengaruhi yang lain, baik langsung ataupun tidak langsung.

Sejumlah organisasi dunia serius berjuang menangani masalah ini. Beberapa diantaranya melihatnya dalam skala transformasi kota masa depan untuk menghadapi masalah tersebut. Mereka mendapati dan mengetahui sejumlah walikota memiliki upaya inovatif, luar biasa, serta menginspirasi dalam membangun kota mereka dengan solusi terhadap masalah pelik spesifik mereka. Guna menyebarkan contoh-contoh terobosan inovatif tersebut, menimba pengetahuan, mengalami sendiri, sejumlah organisasi, dalam beragam bentuk dan kerjasama, mengundang mereka yang telah melakukan terobosan. 

Para walikota diundang dan diajak “berbicara” tentang pengalamannya. Tidak ketinggalan, para walikota pun diberi penghargaan, dalam bentuk award ataupun prize. Penghargaan yang menunjukkan bahwa merekalah yang siap menghadapi gelombang masalah pelik kota masa depan sambil membawa warganya merasa “hidup” dan berkelanjutan sifatnya.

City Mayors Foundation adalah sebuah kumpulan beberapa orang dermawan yang mengundang para walikota dunia “berbicara”. Foundation ini adalah lembaga think-tank internasional. Tujuan mereka adalah mendorong para pemimpin kota seluruh dunia untuk mengembangkan solusi-solusi inovatif dan berkelanjutan terhadap sejumlah tantangan yang dihadapi kota seperti tata-kelola, masyarakat, perumahan, transportasi, pendidikan dan ketenagakerjaan. Semuanya dirangkum dalam kegiatan bernama World Mayor Project.*
(Bersambung)