MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 02 Februari 2016

Uji Kapasitas Tanggap Bencana, Makassar Bakal Gelar Simulasi


smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Uji kemampuan tanggap darurat bencana kota Makassar bakal diukur melalui simulasi tanggap bencana yang digelar  Universitas Hasanuddin (Unhas), Singhealth Singapura bekerja sama dengan Pemkot Makassar.

Hal ini disampaikan pada rapat persiapan simulasi tanggap bencana di ruang rapat Wakil Wali Kota Makassar, Selasa (2/1)

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan simulasi ini sebagai tindak lanjut kerjasama Pemkot Makassar dengan Temasek foundation, Singhealth dan Unhas untuk mengukur kapasitas medis kota Makassar saat terjadi bencana.

“Kita mau ukur kemampuan paramedic kita, kemampuan pesonil pertolongan bencana, pokoknya semua yang menyangkut upaya penanganan medis ketika tiba-tiba terjadi bencana. Walaupun kita berharap bencana tak terjadi”, katanya.

Wakil Wali Kota Makassar yang karib disapa Deng Ical menjelaskan simulasi tersebut diharapkan dapat diperoleh pemikiran dalam pengoptimalan kemampuan medis termasuk mengukur kapasitas program Home Care dengan pengoptimalan mobil Dottorotta.

Dalam memaksimalkan potensi tanggap bencana, Deng Ical berharap dukungan mua pihak seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) Kepolisian, TNI, PMI dan beberapa organisasi masyarakat

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Ismoenandar mengaku akan mendukung penuh pelaksanaan simulasi ini.  “Kita akan pantau dari ruang opersional room, bahkan kita akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur lampu lalu lintas”, jelasnya.

Sementara itu, panitia simulasi Irvan menjelaskan terpilihnya Makassar karena dianggap kota ini memliki program tanggap bencana yang cukup bagus, namun butuh diopimalkan. “ Rencananya simulasi ini akan digelar 21-Februari mendatang”, kata Irvan


Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Bidang Pencegahan BPBD, Amran Kudus dan sejumlah Kepala Rumah Sakit di kota Makassar. * (iskandar Burhan)