MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 20 Juli 2016

Dinsos Makassar Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Pada 100 Pengurus Panti Asuhan


smartcitymakassar.com - Makassar - Dinas Sosial Kota Makassar melatih sebanyak 100 pengurus panti asuhan dalam mengelola sampah, Rabu (20/7/2016)

Jumlah organisasi Sosial (Orsos) tersebut merupakan bagian dari 178 Orsos yang tersebar di Kota Makassar.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendidikan dan pemahaman kepada para pengurus Orsos tersebut terutama tata cara pengelolaan sampah dan bank sampah serta memberikan motivasi dan peningkatan kinerja Orsos dalam pelaksaan tugas dan fungsinya sebagai wadah melaksanakan usaha secara operasional langsung berhadapan dengan penyandang masalah kesejahteraan sosial, mencegah dan mengatasi tumbuh dan berkembangnya.

Diharapkan agar pengurus Orsos dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang manajemen pelayanan sosial , mewujudkan pelayanan yang baik terhadap sasaran pelayanan dan kesejahteraan, tersusunnya program dan tertib administrasi yang baik dan meningkatnya status Orsos kesejahteraan sosial ketingkat yang lebih maju.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan bahwa pihaknya saat ini memang sangat fokus menangani persoalan sosial terutama dalam segi pemberdayaan seperti panti asuhan tersebut dinilai masih membutuhkan pengembangan dan peningkatan sesuai dengan pemantauan lapangan. Salah satu bentuk pemberdayaan yakni bagaimana cara mengelolah sampah.

" Kita lakukan pemberdayaan dan pengembangan potensi sosial terutama pada Orsos bagimana menyelesaikan persoalaan penyandang sosial," Kata Muktar Tahir usai memberikan membuka kegiatan tersebut.

Penyelesaian persoalan sosial tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat terutama para orsos.(iskandar burhan)