MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 29 September 2016

Makassar Menjadi Salah Satu Kota Penyelenggara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Sumber Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, 2016

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kota Makassar terpilih satu dari sepuluh kota di Indonesia yang dipercaya sebagai penyelenggara Gerakan Nasional 1000 Starup Digital.  Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini akan dimulai dengan 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak.

Di 10 kota tersebut akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya, sekaligus juga menyediakan co-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh A. R. Ranger Kibar, Intania Amanda Larasaty, saat berkunjung ke Rumah Software Indonesia Makassar Tekhnopark (RSIMPT) di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Rabu (29/09/2016) dihadapan sejumlah pengelola RSIMTP, serta komunitas Startup yang ada di kota Makassar.

“Kami melihat Makassar dengan perkembangan startup-nya yang sangat bagus. Itu yang menjadi salah satu alasan kenapa kota ini terpilih sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Gerakan Nasional 1000 Starup Digital“ ujar Intania Amanda Larasaty.

Menurutnya, Gerakan ini bertujuan untuk melahirkan entrepreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia.

“Insya Allah, untuk Makassar akan digelar pada bulan Februari tahun depan. Hari ini kami sengaja ke Makassar untuk berdiskusi dengan teman-teman komunitas Startup, termasuk dengan pengelola RSIMTP untuk membahas rencana kolaborasi penyelenggaraan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di kota Makassar, “ lanjutnya.

Ketua Pengelola RSIMTP, Jusman, menyambut baik rencana ini dan akan ikut berkolaborasi menyukseskan gerakan inovasi ini.

“Ini sangat positif untuk kota Makassar. Kebetulan RSIMTP juga intens melakukan gerakan pemberdayaan untuk membangun generasi muda Makassar yang berpikir teknologi. Jadi semangatnya sejalan untuk meningkatkan jumlah startup di kota Makassar,“ ujar Jusman.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di inisiasi oleh KIBAR Kreasi Indonesia dan mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ingin menjadikan negara ini sebagai pusat perkembangan teknologi Asia Tenggara.

Bagi Coders Makassar yang memiliki ide kreatif untuk membangun sebuah startup, bisa mendaftarkan diri di program Gerakan Nasional 1000 Startup. Formulir pendaftaran online  tersedia pada website Program (www.1000startupdigital.id).

Selain untuk meningkatkan jumlah startup yang dibangun di negeri ini, Gerakan Nasional 1000 Startup juga bertujuan untuk membangun perusahaan digital yang handal, yang dapat memberikan dampak positif dan memecahkan berbagai masalah di Indonesia.* (M. Yushar M. / Ade I. G.)