MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 13 Mei 2017

Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok di Makassar Nyaris Ricuh

Foto: Humas Pemkot  

smartcitymakassar.com - Makassar - Gelombang aksi massa mendukung Ahok pasca penahanannya juga bergulir di Makassar. Seperti halnya di kota - kota besar lainnya di Indonesia semisal Jakarta, dan Bandung, aksi serupa juga hendak dilakukan oleh massa pendukung Gubernur DKI Jakarta Non Aktif Basuki Tjahja Purnama 'Ahok' di Makassar.

Mereka berkumpul di depan RS Stella Maris, Jalan Penghibur, sambil membawa lilin yang akan dinyalakan. Aksi itu mendapatkan respon penolakan dari sejumlah organisasi massa, kelompok pemuda, dan mahasiswa.

Di tengah situasi yang memanas, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menenangkan massa sehingga benturan antar dua kelompok massa dapat dihindari. Sabtu (13/5)2017)

Suara Wali Kota Danny terdengar dari pelantang suara, Ia menyerukan kedua kelompok massa menahan diri, menjaga situasi dan kondisi kota tetap aman dan terkendali.

"Makassar harus kita jaga. Jangan tersulut emosi. Jangan ada yang provokasi Makassar," lantang Danny di tengah - tengah kerumunan massa.

Setelah melewati diskusi dan kordinasi dengan kedua kelompok massa, akhirnya situasi dapat dikendalikan dan kedua kelompok sepakat membubarkan diri dengan damai.

Wali Kota Danny juga mengajak kedua kelompok massa berpikir jernih, duduk bersama membincangkan aksi malam ini dengan kepala dingin di waktu yang telah disepakati pada Selasa pekan depan.

"Alhamdulillah setelah melewati diskusi dan kordinasi dengan tokoh - tokoh aksi kita bersepakat mengakhiri dengan damai," ucap Danny.

Ia bersyukur warga Makassar masih mengedepankan kecintaannya pada kota dan mampu menahan diri dari aksi yang dapat mengoyak ketenangan dan kedamaian Makassar.


Bersama Wali Kota Danny juga hadir di tengah - tengah aksi, Kapolrestabes Makassar Brigjen Pol Edi Sutendi, dan Dandim 1408 BS Otto Sulo.(Iskandar Burhan)