MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 20 September 2017

Rangkaian Kegiatan Hari Ikan Nasional Resmi Dibuka Ketua TP PKK Makassar

Foto: Istimewa    

smartcitymakassar.com - Makassar - Hari Ikan Nasional yang jatuh pada tanggal 21 November 2017 mendatang telah dibuka secara resmi kegiatannya oleh Ketua TP-PKK, Indira Yusuf Ismail, di dampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rahman Bando, di Baruga Angin Mamiri, Selasa (19/9/2017).

Kegiatan ini merupakan kerjasama TP PKK dengan Dinas Perikanan dan Pertanian, dalam rangkaian kegiatan ini juga telah dilaksanakan demo masak ikan bersama ibu Dharmawanita dan Dekranasda.

Indira mengatakan gerakan makan ikan nasional ini merupakan langkah jitu agar masyarakat lebih memilih ikan untuk konsumsi setiap harinya. Mengingat negara kita sebagi negara maritim yang kaya akan sumber daya salah satunya Ikan.

" Ini sudah di programkan, tiap tahun kita laksanakan. Masyarakat kita saat ini memang sudah terbilang berkembang untuk selalu memakan hasil lait andalan kita yaitu ikan," ujarnya.

Kata Indira, melalui Gerakan Makan Ikan ini ia berharap bisa membuka pandangan masyarakat terhadap komoditas ikan, bahwa ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, sudah dibudidayakan dengan cara budidaya ikan yang baik dan dapat diolah.

" Bisa menjadi bahan olahan seperti baso, nugget, abon, dan berbagai camilan dan diolah secara utuh dan yang penting harganya terjangkau. Tapo jangan lupa juga kemasan harus standar dunia. Agar kita bisa ekspor," jelasnya.

Karena melalui  melalui inovasi ini pada giliranya akan menggerakan perekonomian  khusunya di tingkat pembudidaya ikan dan masyarakat.

" Kita harus bersinergi dengan dinas terkait agar terus memperhatikan soal kemasan agar menarik. Seperti pada pagelaran UKM kemarin saya liat kemasan olahan ikannya sudah baik tapi harus ditingkatkan saja," jelasnya. 

Indira juga menambahkan Dinas keluatan saat ini telah menyediakan rumah kemasan agar hasil olahan layak di pasarkan sesuai standar nasional dan internasional.**(Iskandar Burhan)