MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 10 Oktober 2017

BPS Makassar Gelar FGD Ekspose Data Statistik Makassar 2017


(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com --Makassar- Dalam proses perencanaan daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mutlak memerlukan data dan informasi statistik yang akurat dan lengkap sebagai dasar penting dalam melihat efektifitas sasaran dari kebijakan dan program yang akan dilakukan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Informasi atau data, secara makro maupun mikro, yang diberikan oleh BPS Kota Makassar selalu dijadikan evaluasi untuk melihat besarnya capaian keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan masing-masing SKPD lingkup Pemkot Makassar.

"Proses inillah yang menjadikan peran BPS sangatlah penting karena ketersediaan data dan informasi statistik sangatlah dibutuhkan," kata Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar,  H. Baso Amiruddin saat membuka dan memberikan sambutan pada kegiatan Focus Discussion Group (FGD) dan Ekspose Data Statistik Kota Makassar tahun 2017 yang digelar oleh Badan Pusat Statistik Kota Makassar, pada Selasa (10/10/2017) bertempat di Hotel Jolin, Jalan Pengayoman Makassar.

FGD ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas data daerah sekaligus memberikan data statistik dalam Satu Data untuk mendukung program program pemerintah.

Baso Amiruddin menambahkan, ketersediaan data statistik yang lengkap serta akurat dan terbaru, lanjutnya, adalah suatu keharusan. Ini terutama dalam era dimana persaingan antar wilayah baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, maupun budaya, dimana tentunya data statistik sebagai salah satu sumber daya yang tak ternilai harganya menjadi strategis.

"Untuk itu besar harapan kami agar BPS dapat terus membangun koordinasi dan integrasi serta sinergi dalam penyelenggaraan statistik dengan Pemerintah Kota Makassar," harap Baso Amirrudin.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Makassar, Ari Prihandini, mengatakan bahwa selama ini kerja sama serta koordinasi yang telah terbina antara Pemerintah kota Makassar dan BPS bisa tetap terjalin.

"Dengan adanya Forum Discussion akan membentuk Forum Data dalam mendukung keterpaduan pengelolaan data dan penguatan sistem satu Data Pembangunan daerah," kata  Kepala BPS Ari Prihandini.

Kegiatan FGD dan Ekspose Data Statistik 2017 menampilkan narasumber, antara lain, Kepala Bappeda Kota Makassar, A. Hadijah Iriani dengan materi Data dan Informasi Pembangunan Daerah, serta Kadis Infokom Ismail Hajiali dengan materi Smart City. Kegiatan ini dihadiri kepala SKPD lingkup Pemkot Makassar dan tamu undangan yang berjumlah 50 orang peserta.* (Dayat/Iskandar Burhan)