MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 28 Februari 2018

Bappeda Makassar Gelar Forum Perangkat Daerah


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar acara Forum Perangkat Daerah bertempat di Hotel Singgasana, Jalan Sultan Hasanuddin Makasar, Rabu (28/02/2018).

Acara ini bertujuan untuk melakukan penyempurnaan terhadap rencana awal kerja perangkat daerah terhadap rencana awal pemerintah daerah tahun 2019.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Kota Makassar, Anwar, menjelaskan bahwa dasar dari pelaksanan kegiatan Forum Perengkat daeran ini tertuang pada Pasal 5 Ayat 3 Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Pasal 65 Ayat 1 Tahun 2004 tentang sistem pemerintah daerah.

"Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban untuk menyusun daftar rencana pembangunan daerah, yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014 - 2019," ucap Anwar.

Ditambahkannya, rencana pembangunan daerah dari hasil Musrembang kecamatan dengan Rencana Awal perangkat daerah tahun 2019 harus bersinergi serta menjadi prioritas yang utama.

Sementara itu, Plt Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mengatakan, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 adalah sebagai bentuk sinkronisasi dan pembangunan berkelanjutan pada tahun sebelumnya.

"Tahun ini kita sudah tetapkan sebagai Tahun Pariwisata. Kalau tahun ini adalah RKPD sinkronisasi dikarenakan diberlakukan untuk tahun 2019, sedangkan yang belum selesai, tinggal kita selesaikan semuanya," kata Syamsu Rizal.* (Dayat/Iskandar Burhan)