MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 24 Mei 2018

Kenalkan Program dan Komisioner, KPPU Makassar Gelar Forum Jurnalis

Dari kiri : Sekjen KPPU, Ketua KPPU RI Kurnia Toha, SH, Ketua KPPU Makassar Aru Mando. Ket : Foto Fatahillah Mansur      

smartcitymakassar.com - MAKASSAR - Kantor perwakilan KPPU Daerah Makassar menggelar forum jurnalis dalam rangka pengenalan komisioner dan program kerja KPPU RI periode 2018-2023 di Aula gedung keuangan negara Makassar, jalan Urip Sumohardjo, Makassar. Kamis, (24/5/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha) RI Kurnia Toha menjelaskan keutamaan pengawasan usaha dalam mensosialisasikan program KPPU baik di pusat maupun di daerah.

"Dalam rangka forum jurnalis ini kita bisa memperkenalkan program kerja serta mendukung dan mendorong persaingan usaha secara sehat di Indonesia," jelas Kurnia Toha mengawali sambutannya.

Menurutnya, salah satu prioritasnya dibidang pangan, ada juga dibidang kesehatan, transportasi, pendidikan dan kemitraan. Jadi, kata Kurnia, KPPU perlu melakukan pemantauan atau riset yang punya pengaruh sangat besar ke masyarakat.

Disamping itu, Komunitas sektor pangan KPPU akan melakukan pencegahan kepada para pengusaha yang melakukan tindakan secara tidak fair, maka akan dilakukan penegakan hukum apabila tidak mengikuti dari aturan dari KPPU.

Sementara itu, Aru Armando selalu Kepala kantor perwakilan KPPU Makassar menjelaskan kenaikan harga pangan di bulan ramadan tahun ini cukup bergejolak.

"Dalam bulan puasa ini sejumlah bahan pangan cukup naik dipasaran. Apalagi terjadi gejolak harga, untuk itu KPPU melakukan tugas-tugas pengawasan serentak baik di pusat maupun di daerah," ujar Aru.

Untuk itu, KPPU akan melakukan koordinasi bersama stakeholder pemerintah provinsi dan daerah untuk melakukan pengawasan dibulan ramadan serta menjelang hari raya idul fitri mendatang.

"KPPU akan berkolaborasi dengan instansi lainnya untuk melakukan pengawasan, biasanya di moment ramadan ini sehari sebelum lebaran akan dilakukan sidak ke daerah-daerah. Artinya KPPU akan berusaha menjaga kondisi pengawasan ke masyarakat," terangnya.

"Berdasarkan temuan dilapangan ada beberapa bahan pangan yang cukup naik, seperti daging ayam, telur dan cabai merah," tandas Aru. (Fatahillah Mansur)