MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 27 Desember 2015

Kerja Sama Cape Town-Makassar Mulai Dijajaki



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Program kerja sama antara Cape Town, Afrika Selatan dengan Kota Makassar mulai dijajaki. Hal ini terungkap ketika Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menerima rombongan tour wisata peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dari Western Cape, Afrika Selatan.

Dipimpin oleh Konjen RI untuk Cape Town, Abdul Rachman Dudung, rombongan yang berjumlah 39 orang ini bertujuan memperpanjang Memorandum of Understanding (MoU) anatara CapeTown dengan Makassar sekaligus merupakan penjajakan kerja sama lebih mendalam antara kedua kota ini.

“Kunjungan ini merupakan kegiatan tahunan di Afrika Selatan dan juga keinginan menghidupkan kembali MoU Sister Province  antara Provinsi Western Cape  dan Sulsel di mana ibu kota provinsinya adalah CapeTown dan Kota Makassar”, kara Rachman Dudung.

Menurutnya, MoU antara Western Cape dengan Sulsel telah berakhir 2010 lalu dan berharap bisa dilanjutkan kembali di tahun 2016 ini. Di samping itu, pihak Cape Town juga ingin lebih mempererat kerja sama di bidang pendidikan, parawisata dan kebudayaan yang selama ini sudah terjalin baik.

Bersama rombongan, turut pula tokoh agama, cendekiawan, sejumlah jurnalis radio dan TV Islam Afrika Selatan serta media Voice of Islam yang akan mengabadikan peristiwa dan kunjungan ini.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menyambut baik hal ini dan mengatakan Pemkot Makassar terbuka setiap saat bagi siapa pun yang ingin kerja sama. Menurut Wali Kota, kunjunngan ini sangat bersejarah mengingat antara CapeTown dan Makassar memiliki hubungan sejarah yang baik dengan ketokohan Syehk Yusuf.


“Hubungan historis ini harus diabadikan dengan terus meningkatkan kerjasama yang telah terjalin selama ini”, ucapnya. * (Iskandar Burhan)