MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 30 Desember 2015

Kinerja Pemkot Makassar Dianggap Sudah Positif



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk tahun 2015 ini sudah dianggap positif, walaupun masih ada program Pemerintah Kota Makassar dibawah kepemimpinan Moh. Ramdhan Pomanto dan Daeng Ical yang masih menyisakan keluhan dari warga Makassar.

Hal tersebut terungkap dari potret opini dan persepsi warga dengan survei yang dirilis lembaga CRC (Celebes Recsearch Center) pada acara “Refleksi Akhir Tahun 2015 Pemkot Makassar” yang digelar di Hotel Sahid, Selasa, (29/12) kemarin. Menurut paparan Direkrur CRC, Herman Heiser masih ada beberapa program pemkot yang dirasakan masyarakat belum terjadi perubahan signifikan.

Program tersebut antara lain  seperti kemacetan, kebersihan lingkungan, begal, lapangan pekerjaan serta keamanan dan ketertiban. “Namun secara umum sudah memiliki tren positif sepeti pada program Smart City serta pelayanan dokumentasi Discapil Makassar, pengurusan KK, KTP dan sebagainya sudah cukup memuaskan” ujar Herman.

Lebih jauh dijelaskan bahwa dalam ukuran kinerja pemintah per kecamatan, ditemukan tingkat ketidak puasan warga di Kecamatan Mariso berada paling tinggi. “Warga Mariso paling banyak mengaku tidak puas dengan kinerja pemerintah kota, sedang Kecamatan Bontoala merupakan kecamatan yang warganya cukup puas”, lanjutnya.

Meski demikian Herman menilai bahwa potret survei opini warga ini secara keseluruhan sudah positif, apalagi bila dibandingkan dengan kinerja lembaga lain. Ditambahkan bila survey ini bertujuan untuk mengetahui persepsi publik berkaitan dengan masalah sosial kemasyarakatan.


“Pemkot Makassar harus responsif terhadap aspirasi masyarakat, sehingga semakin dekat kebijakan yang diambil pemerintah dengan harapan masyarakat maka tingkat kepuasan atas kinerja pemerintah menjadi semakin positif”, ujarnya * (Iskandar Burhan)