MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 27 Desember 2015

Medical Car Indonesia: Pada Mulanya Adalah Peduli



smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Berawal dari kecintaan yang sama terhadap otomotif serta kepedulian pada kesehatan masyarakat, Medical Car Indonesia hadir dan dideklarasikan. Uniknya, komunitas pencinta otomotif ini  berasal dari latar belakang profesi kedokteran dengan lintas universitas baik di Makassar maupun luar Makassar.

Sabtu sore 24 Oktober 2015, pukul 16.00 Wita, di Plaza Barat Trans Studio Mall, Makassar, terlihat ada kesibukan yang tidak biasa. Sekelompok kaum muda dengan stelan uniform putih kongkow-kongkow di sana. Sore itu memang  menjadi momen penting bagi  komunitas pencinta otomotif ini. Sebuah event yang menandai resminya sebuah komunitas hadir di tengah publik. Deklarasi komunitas pencinta otomotif “Medical Car Indonesia (MCI)”.

Bertepatan dengan Hari Dokter Indonesia, 24 Oktober, komunitas Medical Car Indonesia  (MCI) resmi di launching. Dipilihnya momen di hari tersebut bukan tanpa sebab. Menurut Ketua MCI, Wawan Satriawan, dipilihnya Hari Dokter Indonesia sebagai momen deklarasi Medical Car Indonesia karena tidak terlepas dari latar belakang profesi para anggotanya, yakni profesi kedolteran. Maka tidak mengherankan bila rangkaian acara dalam deklarasi komunitas ini tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial belaka. Namun aksi kepedulian pada masyarakat lebih mendominasi di sana

Kepedulian terhadap sesama menjadi basis pemersatu komunitas ini di samping minat yang sama dalam otomotif. Menggandeng Youth Act for Charity and Sosiety (YACS), sebuah lembaga sosial yang punya kepedulian yang sama, serta unit transfusi darah (UTD) PMI,  di hari pendeklarasian itu, Medical Car Indonesia melakukan aksi sosial berupa donor darah sekaligus melakukan kegiatan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat oleh dokter-dokter muda yang tergabung dalam komunitas ini.

Pada launching Medical Car Indonesia ini (MCI) ini juga dilakukan acara pemotongan nasi Tumpeng bersama seluruh anggota komunitas yang hadir serta dimeriahkan panggung hiburan yang menampikan performance dance serta ditutup dengan kemeriahan pesta kembang api yang cukup mengundang minat masyarakat di Plaza Barat Trans Studio Mall, Tanjung Bunga Makassar.

Menurut Ketua Medical Car Indonesia (MCI), Wawan Satriawan, komunitas ini sebenarnya telah terbentuk sejak 17 Agustus 2015 lalu. Dengan alamat Sekretariat di Perumahan Dosen Tamalanrea Blok AB/38 Makassar, Medical Car Indonesia (MCI) telah menyusun struktur keorganisasiannya. Selain Wawan Satriawan sebagai Ketua, Abdul Malik Nas selaku Ketua Harian, Sekretaris Tria Ike Safitri, Bendahara Farisah Dewi Batari serta berbagai Divisi dan Koordinator. Adapun Penasehat Komunitas Medical Car Indonesia (MCI) ini adalah dr. Jainal Arifin Sp.OT (Orthopedi) dan dr. Abdul Azis Sp. U (Urologi).


Ke depan, komunitas ini akan senantiasa bergerak dalam berbagai kegiatan sosial yang berbasis kesehatan serta semakin memperluas jumlah keanggotaannya. Sampai saat dideklarasikan Medical Car Indonesia telah mencatatkan 64 anggota yang tergabung dari berbagai perguruan tinggi, seperti Fakultas Kedokteran Unhas Makassar, Fakultas Kedokteran UMI Makassar, Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar serta member dari Fakultas Kedokteran Kristen Maranatha, Bandung.*      (Thoha Pacong)