MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 15 Februari 2016

Sang “Pengemudi” Kota Masa Depan



Smartcitymakassar.com. --Makassar- 
Tantangan abad 21 menuntut para walikota harus kreatif dan tidak takut mencoba sesuatu yang baru, kata mantan walikota New York, Michael Bloomberg. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan kehidupan penduduknya.


Untuk menghadapi tantangan kota masa depan, para pengambil keputusan dalam level negara, atau organisasi ataupun asosiasi antar-negara seperti Uni Eropa dan ASEAN, tapi khususnya pemimpin kota, atau walikota, menyadari betul bahwa terobosan baru, atau inovasi, adalah kata kuncinya. Para pemimpin harus kreatif dan berani menciptakan solusi-solusi baru. Solusi demikian haruslah dikerjakan bersama. Bekerjasama antar bagian dalam satu organisasi menjadi sama pentingnya bekerjasama dengan bagian-bagian lain dari luar organisasi. 

Melakukan inovasi dalam isolasi sudah sangat berat. Untuk menggerakkan kebijakan inovasi ini, pengambil kebijakan di puncak tertinggi dalam organisasi, apakah perusahaan, atau pemerintah kota, punya dua peran kunci. Menetapkan agenda inovasi, sebelum organisasi lain melakukannya, dan menjalankan agenda tersebut.

Ada banyak walikota di seluruh dunia yang telah menunjukkan prestasi mereka dalam membangun kotanya secara inovatif dan berkelanjutan. Pemikiran, atau bahkan perubahan paradigma dari para walikota menghasilkan sejumlah terobosan baru bagi pengembangan kota. Terobosan yang berasal dari daya saing yang dimilikinya. Namun ada juga terobosan yang bermula dari krisis ataupun masalah pelik kota. Kota-kota ini lalu menjadi referensi bagi kota lain.

Beberapa organisasi menaruh perhatian serius terhadap terobosan para walikota dunia dan tumbuhnya kota-kota transformatif masa depan. Mereka pun mengajak para walikota inovatif tersebut untuk saling bercerita, membagi pengalaman, menjadikan pelajaran. Bahkan untuk menghormati usaha-usaha luar biasa para walikota ataupun pertumbuhan kota yang transformatif dan inspiratif itu, organisasi-organisasi ini memberikan penghargaan. 

Tidaklah semata-mata penghargaan yang utama, tapi faktor pendorong dan pemicu bagi para walikota lain untuk berbuat sama, inovasi, transformasi masa depan, adalah sasaran strategisnya.* (Riad Mustafa)