MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 29 April 2017

Terobos Top 99 Inovasi Nasional, Firman Pagarra: “Dongkel Datang, Dongkol Hilang, Generasi Cemerlang”



(Foto: Akun Facebook resmi Danny Pomanto, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- “Dongkel datang, dongkol hilang, generasi cemerlang,” sebut Firman H. Pagarra, Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait keberhasilan Makassar masuk di deretan top 99 inovasi nasional 2017.

Dua program andalan Pemkot Makassar memang berhasil masuk pada top 99 nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemempan RB) Republik Indonesia.

Program-program tersebut adalah Sistem Inovasi Informasi Pelayanan Publik (Sinovik) dengan terobosan Dongeng Keliling (Dongkel) yang dikembangkan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan Program Inovasi Lorong Sehat (Longset), terobosan dari Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny‘ Pomanto didampingi Kadis Perpustakaan Kota Makassar Andi Siswanta melakukan presentasi Sistem Inovasi Informasi Pelayanan Publik (Sinovik) Top 99 "Dognkel" Dongeng Keliling untuk masuk ke top 40.

Inovasi Dongkel dari Dinas Perpustakaan ini, menurut Danny, merupakan cara baru menarik minat baca para pelajar dalam membaca di perpustakaan keliling. Sebelum adanya Dongkel, minat baca mereka sangat minim.

"Sesudah di-Dongkel, alhamdulillah, minat baca sangat meningkat jauh beberapa kali lipat, karena ketika pendongeng membacakan cerita kepada para pelajar, cerita atau dongeng tersebut tidak dihabiskan, namun dianjurkan kepada para pelajar untuk mencari cerita lanjutannya sehingga minat baca pun menjadi tinggi,” ucap Danny di Kantor Kementerian PAN RB, Lantai 2, Jumat (28/04/2017).

Selain Dongkel, menurut informasi Firman H Pagarra, inovasi Pemerintah Kota Makassar lainnya yang masuk tahun ini adalah Lorong Sehat (Longset). Longset adalah program terobosan dari Dinas Kesehatan Makassar yang telah terintegrasi dengan Lorong Garden (Longgar) dan Makassarta’ Tidak Rantasa (MTR).

“Semoga kedua program inovasi Kota Makassar ini tetap melaju ke top 40 dan menjadi program inovasi nasional,” harap Firman yang turut mendampingi Wali Kota Danny Pomanto, sembari memohon doa dari seluruh warga dan segenap pegawai lingkup Pemkot Makassar.* (Ade Ismar Gobel / Iskandar Burhan)