MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 23 Januari 2018

Grab Apresiasi Kinerja Polda Sulsel Gulung Sindikat Aplikasi 'Tuyul'


Foto: Ilustrasi  

smartcitymakassar.com - Makassar - PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia) mengapresia kinerja Polda Sulsel yang mengungkap dan menangkap sindikat illegal acces aplikasi Grab yang menggunakan aplikasi Mock Location.

Aplikasi illegal ini membuat pengemudi Grab tampak terlihat seolah-olah mengantarkan penumpang penumpang. Ini biasa disebut dengan istilah aplikasi “Tuyul”.


"Saya apresiasi pada Polda Sulsel atas berhasil menangkap ketujuh tersangka tersebut dengan bergerak cepat memberikan layanan untuk segera bertindak”, ungkap Direktur Manajer Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata saat rilisnya, Senin (22/01/2018).

Ridzki mengaku kedatangannya ke Makassar untuk memberikan perhatian khusus dari permasalahan tersebut dan akan segera memperbaiki layanannya.

“Ini sudah jadi perhatian kami dan sudah lakukan tindakan suspensi pada pengguna aplikasi GPS, atau Mock Locasioan, lalu oder tuyul yang dilakukan dengan berpura sebagai pelanggan, padahal bukan hanya ingin mendapatkan insentif lebih besar, sehingga merugikan juga pengemudi yang bekerja secara jujur setiap hari karena orderan mereka banyak yang dibatalkan,” ujarnya

Menurut Ridzki bahwa terungkapnya permasalahan tersebut dibawa ke rana hukum adalah hal yang pertama kali di Indonesia sehingga perlu diapresiasi kinerja Polda Sulsel terutama Ditreskrimsus Polda Sulsel.

“Ini adalah yang pertama di indonesia kita lakukan kita apresiasi sekali, karena memang sudah saatnya kita lakukan seperti ini bahwa hal yang merugikan acara finansial. Ini bukan hanya harus ditangani melalui sistem Grab tapi merugikan masyarakat sehingga harus ditangani secara kriminal,” tuturnya.

Sehingga, kata Ridzki para pelaku ini bisa mendapatkan efek jerah bukan hanya akunnya disuspensi tetapi ini adalah tindakan kriminal yang merugikan dan ada konsekwensi hukumnya untuk hal tersebut.

“Bagi kami ini adalah komitmen dan kami butuh gerak cepat dengan Polda Sulsel dan semoga ini menjadi langkah awal untuk lakukan hal serupa di daerah lain di Indonesia. Ini bisa membawa efek yang baik untuk seluruh indonesia layanan Grab sudah diandalkan oleh masyarakat sehingga kenyamanan menjadi hal perioritas yang penting bagi kami,” pungkasnya. (Fatahillah Mansur)